follow me

Mempelajari Notasi Kres (sharp) dan Mol (flat)

Minggu, 29 Januari 2012 komentar
Dalam teori musik  seperti yang telah diketahui, dikenal dengan tujuh huruf sebagai notasi utama yang diambil dari abjad Latin yaitu : A, BC, DE, F, dan G (Not Utama) . Namun notasi abjad tadi bukanlah satu-satunya notasi didalam musik, ada juga istilah Kres (#) dan Mol (b), Kres & Mol berada diantara ke 7 abjad notasi utama yang telah disebutkan tadi dengan simbol ”#” untuk kres dan “b” untuk mol. Kres dan Mol di kenal juga dengan Sharp & Flat. Dibawah ini saya ingin berbagi dan mari kita pelajari istilah Notasi Kres (sharp) dan Mol (flat).



Mengapa disebut dengan istilah kres (sharp) dan mol (flat)?

Jawabannya sederhana saja : Karena Sharp berarti “tajam”, notasi sharp bernada satu not lebih tinggi  di atas not utama, sehingga menghasilkan nada lebih tajam. Sedangkan not mol  secara teori disebut dengan istilah “rata” atau flat, ini berarti  satu not berada dibawah  not utama, oleh sebab itu disebut dengan istilah flat karena nada yang dihasilkan terkesan datar.
Tetapi satu hal  yang kadang membuat kita bingung dengan kres & mol ini, karena dengan nama not yang berbeda tetapi mengshasilkan nada yang sama.
Sebagai contoh : Ambil nada atau not  diantara C dan D, not diantara C dan D ini dinamakan C# (baca C kres) atau dapat juga disebut Db (baca D mol).
Ada 2 not di dalam not utama dimana tidak ada kres atau mol , yaitu antara E dan F, dan antara B dan C, hal ini disebabkan karena diantara kedua not tadi berjarak ½ not, sehingga tidak dapat di naikkan atau diturunkan. Sebagai ilustrasi silahkan lihat gambar dibawah ini, terlihat not kres dan mol (sharp & flat)  pada tuts piano berwarna hitam.

Juga perhatikan nama not pada string gitardari senar yang paling tebal sampai yang tertipis dengan nama not E-A-D-G-B- E,  anda harus mengingat not-not ini untuk mempertajam skill anda dimasa yang akan datang ( Mempelajari Fretboard Gitar Anda) .

komentar

Posting Komentar