follow me

Belajar Gitar Dengan Gitar Elektrik Tanpa Senar

Sabtu, 18 Februari 2012 komentar: 1
Jika ingin belajar bermain gitar dengan alat musik elektrik tanpa senar, inilah jawabannya. Gitar khusus untuk pembelajaran, dan sekaligus cukup menyenangkan untuk bermain musik bagi yang sudah mahir. Salah satu kelebihannya bagi pemula dan anak-anak adalah: tidak menimbulkan ujung jari sakit dan terkelupas, karena tidak ada senar di fret, yang ada hanya tombol-tombol LED yang memanjang di setiap fret.

Belajar Gitar Dengan Gitar Elektrik Tanpa Senar
Gitar ini boleh disebut gitar synthesizer, gitar pembelajaran, atau gitar portable (karena bisa pakai baterai dan ada speaker built-in), yang pasti sih gitar ini memang dikhususkan untuk belajar bermain gitar, namun juga bisa dimainkan oleh pemain gitar yang sudah mahir.

Beberapa keluhan orang yang baru belajar main gitar bisa terjawab oleh gitar elektrik ini, antara lain:
  • Ujung-ujung jari tangan kiri menjadi sakit dan terkelupas. Dengan gitar ini, orang yang baru belajar gitar tak perlu merasakan sakit dahulu untuk menekan senar yang ada di fret, karena digantikan dengan tompol LED yang memanjang. Tombol LED ini juga bisa menyala, untuk memberikan panduan senar mana dan fret mana yang ditekan.
  • Sulit melakukan tuning, karena belum peka nada. Senar tidak perlu dituning, karena selain tidak pakai senar, gitar ini juga sudah in-tune dari pabriknya (hehehe).
  • Pengen belajar lagu favorit. Carilah MIDI file yang banyak tersedia di internet, transfer ke gitar ini, dan mulailah belajar melalui petunjuk jejeran tombol LED yang menyala sesuai dengan nada yang ada dalam lagu tersebut.
  • Bosan dengan suara gitar. Bagi pemula yang baru belajar gitar terus menerus, kemungkinan ada rasa jenuh dengan suara gitar. Dengan gitar ini, suara bisa diganti dengan bermacam suara alat musik lain.

Senar yang ada di gitar ini hanya ada di bagian depan sound hole saja, dan bukan di fret. Hal ini memungkin para pembelajar dan pemain gitar untuk strumming atau memetik senar gitar.

Gitar ini juga bisa dihubungkan ke komputer melalui koneksi MIDI out/in dari gitar, dan bila komputer Anda tidak memiliki koneksi MIDI, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan kabel khusus MIDI to USB, hingga Anda bisa menggunakan gitar ini untuk mengaransemen lagu, atau komposisi dengan perangkat lunak musik yang sudah Anda miliki. Atau, bisa juga menggunakan UX16 (MIDI USB interface) yang sediakan oleh pabrikan.

Display Panel Yang Menghadap Pemain Gitar

Gitar ini ditenagai oleh listrik 12 volt dari AC adaptor, tapi jika ingin portable, bisa juga menggunakan 6 buah baterai ukuran AA. Untuk urusan suara, bisa menggunakan built in speaker, bisa juga dengan headphone, atau kalau mau kencang suaranya bisa juga dicolokkan ke amplifier.

Spesifikasi:
Nama produk: Yamaha EZAG
Fret: 12
Senar : 6 untuk strum
Tombol LED Di Fret : 12 x 6 LED
Tenaga listrik: AC adaptor 12 volt atau baterai ( 6 x 1.5 volt ukuran AA)
Colokan audio : headphone atau audio out untuk amplifier
Colokan MIDI: MIDI IN dan MIDI OUT, bila ingin dihubungkan ke komputer yang tidak memiliki MIDI IN, bisa digunakan kabel MIDI to USB. Atau UX16, dari pabrikan, dijual terpisah.
Suara yang tersedia: 20 macam suara (suara gitar 9 macam, suara bass 8 macam, suara banjo 1 macam, suara shamisen 1 macam, suara piano 1 macam)
Media penyimpanan: flash ROM 480 KB
Jangakauan tempo: 32 hingga 280
Speaker: built-in (ukuran 10 cm)
Fitur lainnya: dilengkapi dengan 25 musik dan lagu untuk latihan yang bisa Anda atur temponya.
Harga: $229 (sekitar Rp 2.063.000,-, kurs per tanggal posting, harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Jika ingin membeli di Amazon, bisa melaui link di bawah ini:
Yamaha EZ Learning Guitar EZ-AG

Di bawah ini ada video demo yang bisa dinikmati:

komentar: 1

AGL - Team :

mantap bro...memanfaatkan tehnologi dalam belajar gitar, untuk para peminat gitar yg ingin memperdalam tehnik bermain gitar, silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com
trims

Posting Komentar